MANAJEMEN ORGANISASI

Organisasi
          Organisasi adalah kumpulan orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang dilakukan berdasar atas suatu aturan tertentu dan penjabaran fungsi pekerjaan secara formal. Tujuan organisasi secara umum ialah agar proses pekerjaan tercapai dengan cara diatur, disusun sehingga seluruh pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien sedangkan secara khusus ialah sesuai dengan bidang dimana organisasi bergerak contoh bidang agama, sosial, ekonomi, dan politik. Organisasi memiliki manfaat agar pelaksanaan tugas dilakukan lebih baik terkoordinir dan tujuan serta jalannya pekerjaan tercapai secara efektif dan sfisien.

Asas/Prinsip Organisasi 

  • Prinsip perumusan dan penentuan tujuan
  • Prinsip pembagian kerja 
  • Prinsip pendelegasian wewenang 
  • Prinsip organisasi 
  • Prinsip efisien sederhana
  • Prinsip pengawasan umum
Struktur Organisasi

  • Struktur irganisasi garis, digunakan pada perusahaan /lembaga yang sederhana /kecil
  • Struktur Organisasi Fungsional, susunan organisasi yang memberikan gambaran pembagian tugas dan wewenang menurut fungsi pekerjaan. 
Fungsi-fungsi pimpinan dan manajemen

  • Planing atau perencanaan, merencanakan kegiatan yang hendak dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 
  • Organising atau pengorganisasian, menyusun, menentukan, menetapkan jenis tugas dan kewajiban setiap fungsi. 
  • Staffing atau penyusunan staf, penyusunan dan penetapan serta pengembangan meliputi kegiatan mulai merekrut pegawai, usaha memanfaatkan, mengembangkan sampai mendayaguna secara maksimal. 
  • Directing atau pengarahan, memberikan komando, menggerakkan dengan memberi perintah, juga memberikan kepemimpinan kepada bawahan supaya dapat melaksanakan tugas secara efektif dan efisien. 
  • Coordinating atau pengkoordinasian, mengkoordinir seluruh pekerjaan diantara pekerjaan yang satu dengan yang lain merupakan totalitas. 
  • Controlling atau pengawasan, usaha untuk memberikan penilaian, koreksi, evaluasi atas semua keguatan dan secara terus -menerus melakukan monitoring baik pekerjaan yang sedang dilakukan ataupun pekerjaan yang sudah dilakukan. 
Kemampuan seseorang dalam fungsi manajemen
         
          Untuk dapat menghadapi tantangan-tantangan lingkungan dan perubahan paradigma tersebut seorang manager /pemimpin sebuah organisasi harus memiliki kemampuan menejemen yang mrncakup :

  • Kemampuan teknik (technical), merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan khusus atau keahlian. 
  • Kemampuan manusiawi (humain), kemampuan untuk bekerja dengan mengerti dan memotivasi orang lain baik individu maupun kelompok. 
  • Kemampuan konseptual (conceptual), merupakan kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi yang kompleks. 

Comments

Popular posts from this blog

Puisiku